Pages

Subscribe:

Labels

Best PTC Site.. Sign Up Now......!!!!!!

Klik di sini keberuntungan akan menghampiri anda...!!!

Minggu, 18 Maret 2012

10 Tipe E-Mail Penipuan



 
10 Tipe E-Mail Penipuan

Anda pernah tertipu oleh orang yang tidak bertanggung  jawab, sejumlah uang anda terbuang secara percuma karena tertipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab tadi, atau bahkan harta kekayaan anda habis hanya karena E-Mail penipu. Tapi tenang bagi anda yang belum tertipu (kena tipu) atau bagi anda yang tidak ingin jatuh kedalam lubang yang sama untuk kedua kalinya, saya akan memaparkan kepada anda 10 tipe e-mail penipuan.

Menurut Lembaga advokasi konsumen, Better Business Bureau (BBB) mengumumkan data mengenai siapa target dan bagaimana para penipu tersebut dapat mencuri informasi. Berikut daftar yang dikeluarkan BBB mengenai email palsu yang berusaha menipu anda dan orang lain:


1. Bagi para pencari kerja yang menggunakan email untuk melamar, biasanya menjadi sasaran utama penipuan dengan mengaku menjadi pihak perusahaan yang dilamar. Para pelamar akan diminta mengisi formulir elektronik yang mereka berikan.
2. Pengguna jejaring sosial juga rentan terhadap penipuan. Akan ada email yang memberitahukan Anda sebagai pemenang undian, kemudian meminta mengirimkan data lengkap mengenai diri Anda.

3. Isu-isu yang sedang menarik juga dimanfaatkan untuk mencuri informasi penting. Biasanya Anda diminta membuka tautan, untuk membaca atau melihat beritanya secara lengkap.

4. Pemilik properti akan ditawari untuk menggunakan jasa perbaikan rumah, dan sebagainya. Padahal itu adalah usaha untuk mencuri uang.

5. Jika anda bertransaksi dengan orang asing, pastikan identitasnya jelas. Cari tahu apakah ada pihak ketiga. Seandainya tidak ada, jangan sampai mengirim uang kepada pengirim email tersebut.

6. Pengguna perbankan online dan pembayaran tagihan secara daring juga sering dikelabui. Biasanya akan ada email yang mengatasnamakan bank terkait yang dapat mencuri informasi penting Anda.

7. Tidak hanya email, telepon juga menjadi sarana untuk menipu Anda. BBB menyebutkan korban biasanya adalah tamu hotel yang dihubungi orang yang mengaku petugas hotel, kemudian menanyakan nomor kartu kredit tamu tersebut.

8. Bagi yang sedang berhutang juga harus waspada. Akan banyak email yang menawarkan jasa konseling untuk mengatasi problem keuangan Anda.

9. Email penawaran juga sering digunakan untuk mengirimkan tautan palsu. Biasanya ditargetkan bagi orang yang suka berbelanja dengan diskon di internet.

10. BBB juga memperingatkan agar hati-hati terhadap email yang mengatasnamakan BBB atau lembaga lain. Biasanya akan ada link yang berisi virus dan dapat mencari informasi perbankan yang kemudian langsung mencuri uang dari rekening Anda. (MI/Wtr4)

0 komentar:

Posting Komentar