Pages

Subscribe:

Labels

Best PTC Site.. Sign Up Now......!!!!!!

Klik di sini keberuntungan akan menghampiri anda...!!!

Jumat, 16 Maret 2012

Orang Gemuk Lebih Peka Terhadap Aroma Makanan

 Orang Gemuk Lebih Peka Terhadap Aroma Makanan


detik.com Salah satu hal yang memancing nafsu makan adalah aroma sedapnya. Indera penciuman seringkali digelitik oleh harum makanan, dan akhirnya timbul keinginan untuk mencoba. Godaan aroma masakan akhirnya membuat orang sulit meredam nafsu makan.

Dibandingkan orang bertubuh proporsional, orang yang memiliki tubuh gemuk punya daya penciuman yang lebih tajam, khususnya terhadap makanan. Kemampuan mereka mendeteksi aroma makanan lebih sensitif dibandingkan mereka yang menjaga berat badan dan mengatur pola makannya.

Ada sebuah penelitian tentang hubungan berat badan dan indera penciumannya. Kemampuan mereka mengenali bau parfum dan wewangian memang tak jauh berbeda dengan orang yang bertubuh kurus. Namun, orang bertubuh gemuk penciumannya lebih sensitif terhadap aroma makanan. 

Hal itulah yang akhirnya membuat mereka kesulitan mengerem kebiasaan makannya. Akibatnya, keinginan untuk menjaga pola makan hanya jadi teori semata, karena tak mampu menghindari godaan makanan beraroma sedap.

Walaupun kebanyakan makan dan jarang olahraga menjadi penyebab obesitas, banyak ahli mengakui jika aroma berperan penting dalam sulitnya menjaga berat badan. Seorang psikolog, Lorenzo Stafford, meneliti 64 pria dan wanita dengan bobot tubuh berlebih yang diminta memilih aroma yang paling disukai. Hasilnya, rata-rata dari mereka lebih menyukai aroma harum masakan.

Ada tipe orang yang punya kecenderungan untuk bertubuh gemuk, sekalipun ia sudah mengatur pola makannya. Ada pula orang yang cepat merasa lapar, sekalipun ia baru saja menghabiskan seporsi makanan. Aroma makanan yang harum menggoda penciuman, dan membuat otak menginstruksikan tubuh untuk makan lagi.

Psikolog Lorenzo Stafford berharap, penelitiannya bisa membantu orang-orang yang sedang ingin menurunkan bobot tubuh. Selain itu, diharapkan orang-orang bisa lebih memperhatikan lagi kecenderungan makan berlebihan dengan lebih menahan diri dari godaan aroma masakan yang menggoda.

0 komentar:

Posting Komentar